Pengalaman Menjadi eBay Seller

Saya pertama kali buka akun eBay, sekitar awal tahun lalu, sewaktu saya nyari handbag coach yang udah sold out di websitenya Coach. lalu sejak itu saya sering iseng cuci mata di eBay.

Trus sekitar pertengahan tahun lalu, saya ikutan menjadi seller. Trigger awalnya krena saya masih pengen belanja tapi duit udah habis, mau minta sama suami, gak enak. sementara barang-barang yang selama ini sudah di beli, masih numpuk di rumah dan lama-lama, belum juga dipakai udah bosan.

Akhirnya saya buka lapak deh di eBay.Ternyata, alhamdulilah barang saya laku, ada saja yang beli. Apalagi karena pengen cepat laku, saya kasih harganya gak tinggi-tinggi, asal modal balik aja. dan alhamdulialh saya udah jual bayak di eBay sekarang dan duitnya udah jadi barang lain lagi hahaha (dasar perempuan). Ternyata virus shopping Addict atau Handdbag Addict itu benar adanya hihi. Asal jangan sampai keterusan aja. dan asal jangan sampai jadi bankcorrupt gara-gara belanja terus2an. Makanya saya kalau mau sestau, saya jual barang yang lain.

Apalagi di US ini kan hampir setiap bulan ada aja event sale. dari mulai yang besar-besaran sampai yang gak terlalu besar, semua brand berlomba ngasih sale. apalagi setiap pergantian musim. dari spring/summer ke fall/winter, atau sebaliknya. nah siap-siap deh tuh, tahan godaan hehe.

Balik lagi ke eBay, kalau gak mau rugi jualan disini, paling engga kita harus naikin minimal 20 persen dari mdoal awal (harga barang + tax + biaya shipping kalau ada). karena saat kita menjual, ada tiga potongan yang akan di debet langsung dari rekening kita.

1. biaya shipping ke buyer.
biasanya saya kalau jual barang baru dan potensial laku, saya selalu kasih biaya shipping dibayar oleh buyer. di sistemnya eBay sudah ada berapa biaya shipping yang harus dibayar tergantung dari lokasi buyer (jauh atau dekatnya) dan volume dan berat paketnya.

eBay kerjasamanya sama USPS (US Postal Servise) kantor post nya US, untuk shipping service nya. kalau barangnya lebih dari 2 pound, masuknya kilat (priority mail 2 days,) kalau kurang dari segitu beratnya masuk ke first class mail (4-5 business days).

Makanya sebagai seller, kalau kita ngasih free shipping di list barang yang kita jual, pastikan banget deh itu, harga jualnya udah oke dan itungan berat paketnya udah akurat. jangan sampai kita nombok di uang shipping (karena yang bayar kita pribadi sebagai penjual).

saya ngasih free shipping di list barang yang saya jual biasanya barang yang kira-kira agak susah dijual karena cacat/defect, atau barang yang pasaran, banyak seller lain yang jual juga. jadi buat si buyer tertarik saya kasih free shipping. sering saya bocor di biaya shipping karena hitungnan berat dan ukuran paket gak akurat. yang seharusnya bisa pake first class, syaa kena charge priority maiol 2 day. beda harganya lumayan soalnya. paling subsidi silang, saya bikin profit dibarang ain tapi rugi di barang yang lainnya.

2. Potongan kedua adalah potong eBay langsung ketika si buyer bayar ke rekening Paypal kita.

sewaktu buyer beli barang kita dan sudah dibayar, uangnya akan masuk ke rekening paypay seller tapi masih di tahan oleh paypal, masih pending istilahnya. disitu langsung dipotong oleh biaya eBay yang besaranya tergantung dengan semakin banyak barang yang terjual. potongan untuk barang yang pertama terjual dan yang kesekian kalinya akan berbeda. semakin banyak jual, semakin banyak potongan, semacam pajak progresif gitu.

ketika barang sudah di kirim dan sudah sampai di alamat si buyer baru uang di paypal yang tadinya pending jadi akan available.

3. Potongan bulanan eBay.
Selain eBay narik potongan langsung terhadap barang yang sudah terjual, juga eBay akan mengenakan potongan bulanan setiap akhir bulan untuk seluruh barang yang terjual bulan tersebut. sekitar 10 persen total.

Baru deh sisa tiga potongan itu adalah nett si penjual. Makanya masuk akal kenapa di eBay barang-barang akan menjadi lebih mahal. selain ada juga profit seller yang memang dia kerjaannya jualan dan mencari profit tetapi ada juga seller yang jual barang cuma buat balik modal atau mau ngurangin koleksinya. yang tipe kedua ini paling tidak harus naikian 20 persen dulu bali bisa balik modal.

lalu kenapa masih ada yang beranggapan barang di eBay lebih murah, ya tidak salah juga. banyak juga yang seperti ini. saya dapat handbag di eBay lebih murah darimana pun karena itu barang eks display toko di dunia antah berantah. Tapi kondisinya masih baru? who cares dengan barang display.

kalau saya sebelum belanja di eBay biasaya survei dulu harga aslina berapa, dijual di website asalnya atau di toko berapa, atau di website depatemen store berapa. jadi kita gak beli barang yang terlewat mahal di eBay. seperti awal saya disini saya beli coach itu karena kehabisan di webiste coach saya cari di eBay nemu langsung saya bayar, belakangan saya tahu, kalau harganya mahal banget. sekarang saya mau jual lagi agak susah karena harganya terlalu mahal. dan hey disini itu selalu banyak sale, kalaupun gak dapet satu barang sabar aja, masih banyak barang lainnya dengan model yang lebih bagus akan di sale di kemudian hari. jadi jangan terlalu fanatik sama barang tertentu.

di eBay itu banyak sellernya, dan mereka para pencari kupon atau diskon, mungkin aja si seller pintar cari peluang dapat harga bottom suatu barang lalu di jual lagi dengan harga dibawah pasaran namun dia tetap ngambil profit. kadang ruang gerak kita sebagai buyer juga terbatas kan, gak mungkin bisa keliling seluruh toko buat nyari barang paling murah.

di eBay ada dua tipe penual.
1. tipe profit atau proffesional seller
yang kerjanya emang jualan barang disini. gak mungkin kan dia kalau gak ngambil untung.

2. tipe penjual barang pribadi buat downsize koleksi.
seperti yang saya share di postingan pertama entang Goodwill, ada berbagai cara orang buat ngosonging closetnya, di donasiin, atau dijual di eBay atau IG. di eBay ini potensi terjualnya besar karena usernya banyak banget, international.
saya termasuk seller yang tipe kedua ini, asal modal balik udah lumayan, sukur2 bisa profit sedikit, yang penting barang cepet laku. atau gak apa-apa deh rugi sedikit, yang penting barang itu terjual daripada saya gak akan pernah pakai lagi. toh saya bikin profit dibarang lainna juga.

untuk tahu, tipe si seller, biasanya bisa diidentfiksi dari seller’s other itemnya, apakah barangnya banyak dan baru-baru dengan harga yang mahal, ataukan yang barangnya sedikit dan kebanyakan preowned, nah yang seperti ini yang biasanya jual untuk tujuan cleaning closet. atau di deskripsi barang yang dijualnya biasanya suka ada kata-kata, misalnya jarang pakai, cleaning closet, downsize collections dll.
dan kalau di harganya ada tulisan or best offer jangan sungkan buat bikin offer atau penawaran, siapa tau di approve atau di counter dengan harga yang tidak jauh dari budget kita.

Anyway, yang bikin aman transaksi di eBay, seller gak akan terima uangnya (akan pending sementara waktu) sampai si buyer terima barangnya, dan si buyer gak ada dikirim barangnya sampai dia bayar. dn jika ada fraud,eBay dan paypal akan guaranted uang kita.

di US sini kan agak susah trasnfer uang antar bank seperti di Indonesai yang apa-apa tinggal transfer, di US ini sistem pembayarannya masih kurang maju, orang disini masih pakai checque kertas kok hihihi. makanya ada jasa sistem pembayaran seperti paypal ini.

saya mau cerita tentang suatu kasus fraud disini. gak ada hubungannya sama eBay sih, waktu itu disini ada yang jualan barang di IG. ternyata sellernya melakukan fraud dan ditahan ama polisi, crimical recordnya banyak dengan kasus mencuri dan penipuan. awalnya dia trusted seller di IG, menjual barang barang bagus dengan harga murah (ingat istilah too good to be true), tapi lama kelamaan semakin banyak yang sudah bayar namun barang gak dikirim. kalau jualnya di IG kan gak ada penengahnya, murni si penual dan si pembeli, uang langsung di kirim ke paypal ybs. jd kemungkinan fraudnya tinggi. si seller bisa saja nipu gak kirim barangnya atau si buyer yang gak bayar. lalu singkat cerita,banyak buyer yang kena tipu dan mereka gak mau rugi donk. ujung2nya minta claim ke paypal akhirnya semua kerugian buyer di ganti oleh paypal.

di IG juga banyak banget godaannya. hati-hati kalau mau belanja. saya juga pernah beli barang di IG beberapa kali, tapi saya sudah pastikan bahwa seller nya trusted dan udah lama dia jualan, dan alhamdulilah baik-baik saya. saya follow orang Amrik sini yang addict banget ama handbag terutama Kate spade, setiap ada yang baru pasti beli gak lama dia jual lagi. kalau sampai beberapa waktu engga laku, dia biasanya turunin harga pelan-pelan, nah saya buru deh yang desperate begitu heheh.

nah demikianlah pengalaman saya berjualan di negeri orang ini dan akhirnya saya mengerti sitem pembayaran di US ini. dan sangat bersyukur kita di indonesia sudah sangat maju sistem pembayarannya. mohon maaf, correct me if im wrong ya, ini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi tentunya ada kemungkinan hanya sedikit informsi yang saya dapat.

Leave a Comment

Goodwill Hunting

ini bukan tentang filmnya Matt Damon ya. hehe Goodwill hunting yang akan saya share ini berburu barang bekas di toko barang bekas yang populer di US, Goodwill. hampir semua states di US pasti ada Goodwill, dari kota besar sampai kota kecil.

Barang di Goodwill hasil donasi penduduk sekitar kemudian dijual dengan harga yang sangat murah. Kalau beruntung kita bisa dapat barang bagus, dan gak sedikit bisa nemu barang yang masih baru dan sepertinys belum pernah dipakai. kita bisa lihat dari kualitas barangnya, apakah masih ada tag yang belum di lepas atau barangnya keliatan masih perfect layaknya barang baru.

Saya juga taunya Goodwill menarik akhir akhir ini. Setelah 1.5 tahun saya menetap dan 3 bulan menuju kepulangan ke Indonesia, hiks. nyesel gak sih? kemanaja selama ini? hahaha.

Thank’s to Instagram yang ngasih informasi superlengkap. sudah setahun ni saya memang lagi seneng-senengna berseluncur di Instagram dibanding medsos lainnya. dengan sistem hastag ini kita bisa lihat semuanya. nah, saya baru tau kalau orang Amrik ini banyak yang kerja sampingannya jualan barang hasil berburu di thrift store termasuk Goodwill ini. mereka rutin window shopping ke thrift store dan menjualnya kembali di ebay atau di IG dengan harga berkali kali lipat. Ada yang sampai omsetnya ribuan dolar dari sini. padahal ini kerjaan sambilan lho. so fascinating bukan? Seandainya saya masih lama disini, saya juga pasti jualan ini haha.

Awal-awal saya nyampe kota kecil ini, sekitar pertengahan 2014, saya diajak ke goodwill sama mbak Riyan, orang Indonesia yang sudah menetap puluhan tahun di sini. Waktu kesitu pertama kali, saya hanya beli satu juumpsuit parasut buat anne main salju. saya gak tertarik keliling, biasa orang Indonesia (Saya pribadi maksudnya). merasa sombong dan underestimate dengan toko loak.

Nah 1,5 tahun kemudian baru sadar deh, kalau disini bisa juga nemu “gemstone” atau permata yang tertimbun lumpur. Karena barangnya banyak banget, kita harus buka itu tumpukan dan gantungan satu persatu.

Waktu Valentine’s day minggu lalu, Goodwill ngasih sale 50 persen off semua barang. Coba banyangkan sudah murah meriah di potong pulak setengah harga. saya nemu tweed jacket Banana Republic, very good condition seharga kurang dari $5. kece banget dipake ke kantor nanti.

Lalu kemarin saya datang lagi, udah gak ada potongan 50 persen tapi masih oke harganya. saya nemu, flat shoes, masih bersih dan kayaknya masih baru, gak ada bekas debu atau tanah, dan super nyaman dipakai. Lalu, saya juga nemu sewater buat mama saya, masih baru juga, tas suede slempang An Taylor, coin purse, dan kursi kecil buat anak-anak. per item nya gak lebih dari $4.

Duh nyesel saya, kenapa dulu-dulu gak sering kesitu ya. Makana bagi yang ada kesempatan ke US, jangan malu buat mampir ke thrift store, bule-bule aja banyak kok yang kesitu.

Pasokan barang di goodwill ini sepertinya bergantung juga dengan konsisi ekonomi warga setempatnya, saya lihat di IG, ada seorang Thrifthunter bisa nemu Louis Vuitton, konon katanya sih authentic. ada juga yang nemu high end brand lainnya, ferragamo, chanel (duuh ada gitu ya yang buang tas chanel). Kate spade, Michael kors mah udah biasa dia. setelah di ceki ceki dia tinggalna di sekitaran Orange County California (gak heran, banyak orang kaya disana). Dan di Cali itu kan banyak selebritis, mungkin keluarga Kardashian yang donate ya? heheh.

Leave a Comment

Tazkiya First Sentence

Tazkiya sekarang sudah dua tahun, dan sudah banyak kata-kata yang bisa diucapkan. Memang tidak sperti kakaknya, Anne, umur 1.5 thn saja sudah pintar ngomongnya lalu umur dua tahun sudah komunikasi lancar seperti orang dewasa. Tazkiya kemampuan bicaranya memang agak terlambat. Sebelum tazki dua tahun sih dia sudah bisa mengucap kata-kata tertentu dan hanya kakak Anne yang seringnya menegrti apa maksudnya.

Pas umur dua tahun, waktu itu sebelum jemput kakaknya sekolah, sewaktu saya bingung cari sepatunya dimana, saya tanya “Tazki, where are yur shoes?”. Walaupun anak saya belum pandai bicara saya dan papanya memang sering ajak ngobrol anak bahkan sedari bayi.

surprisingly dia jawab “i don’t know”. Duh mama senangnya bukan main. itu kalimat pertamanya. sebelumnya kalau ngomong yang keluar kalimat giberrish atau hanya berupa kata perkata sambil menunjuk tangan terhadap sesuatu atau body languange lainna. Seperti biasanya, kakak anne yang confirm ke mama atau papa maksudnya Tazki apa. Hebat ya kakak Anne.

Alhamdulilah sejak itu Perbendaharaan kata dan kalimat yang bisa diucapkan Tazki bertambah walaupun campur-campur either Bahasa Indonesia dan english. Saat ini Tazki sudah pandai menunjukan sambil mengucap hampir semua warna. Purple, green, blue, red, pink, black, white. yang belum bisa hanya brown, masih dibilannya itu black. Kata warna yang pertama tentunya PINK. karena anak-anak cewekku dua duanya suka pink dan purple.

Leave a Comment

One Direction : On The Road Tour Again (OTRA) Tour

Life is just about make your teenage dream comes true“. Yup memang nonton konser boyband adalah mimpi saya sejak SMP. Dulu tahun ’90 an ketika boyband lagi ngehits, saya pengen banget datang ke Jakarta nonton The Moffatts. haha.

Sekarang belasan nope puluhan tahun kemudian sisa sisa jiwa remaja saya masih ada. sejak lagu “what you makes you beautiful” One Direction di parodiin jadi lagu kampanyenya Jokowi-Ahok jadi calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, saya mulai suka sama 1D. Iseng saya unduh lagu aslinya dan browsing gambar personilnya. Duuh ternyata mereka kece-kece dan imut banget. Terlebih ada salah satu personilnya Zayn Malik yang keturunan pakistan, adalah seorang muslim. Walaupun saya gak ada sentimen agama, tapi ada salah satu personil boyband yang beragam islam menjadi daya tarik tersendiri.

Nah sejak 2012 itu saya mulai gencar ngikutin 1D. sampai saya unduh semua lagunya dari mulai album pertama. Lagu-lagu 1D menjadi teman sehari2, ketika diperjalanan pulang pergi menuju kantor, atau ketika bersantai di rumah. Saya merasa remaja kembali, halah.

Lebih dari itu, karena saya telah memiliki dua anak perempuan yang lucu-lucu, ngeliat personil 1D rasanya saya pengen banget punya anak keren seperti mereka. saya ngebayangin ketika saya tua nanti, anak bujang saya yang ganteng nemenin saya belanja di mall, atau makan di restoran sementara cewek-cewek muda kece ngeliat ke kita haha.

Nah, tahun lalu ketika saya bersiap mau pindahan ke US. tiba-tiba ada kabar bahwa 1D akan show di jakarta pada Maret 2015. Berita dan penjualan tiketnya sudah ada sejak 8 atau 9 bulan sebelumnya. Kontan saya sedih dan menyesal, kenapa saya gak bisa nonton 1D di jakarta bareng teman-teman. Kesedihan saya ini telah saya posting di DISINI. tiket berapapun saya bayar deh demi nonton 1D dijakarta yangs elama ini saya cuma bisa nonton konsernya di DVD. Percuma saya kerja bertahun-tahun kalau satu kesempatan buat ngejar mimpi aja gak bisa. pikir saya waktu itu.

Tapi hal itu sudah gak mungkin, kami sudah harus ada di US awal Agustus 2014. Saya hanya bisa nonton berita di TV bagaiman penjualan tiket di Kokas (Kota Kasablanka) waktu itu sempet di hentikan hanya beberapa saat setelah buka dipagi hari karena suasana sudah tidak kondusif. Konon katanya pihak promotor, Ismaya Live tidak berkoordinasi dengan yang berwajib dalam menjaga keamanan. Tiba-tiba sisi jahat saya berharap semoga show di jakarta di batalkan, sehingga saya gak terlalu sakit hati haha.

Karena berharap buruk itu tidak baik dan tidak menyelesaikan masalah, maka sambil sibuk packing, saya mulai browsing jadwal tour mereka di AS. Saya cari tempat show paling dekat dengan tempat tinggal kami yaitu di Chicago tanggal 30 Agustus 2014. Kami berangkat ke AS waktu itu 7 Agustus 2014. jadi cuma beberapa minggu setelah kedatangan kami di US. Well, agak Roro Jongrang alias mustahil bisa nonton sih. Kita masih pendatang, belum tau medan eh belum tau chicagošŸ˜€ juga belum yakin udh punya mobil tanggal segitu. Bingung transport, akomodasi dan skenarionya gimana.

Tapi, ya nothing to lose, sapa tau suami punya ide cemerlang, akhirnya saya ajuin juga proposal ke suami. sesuai perkiraan, suami gak menyetujui. selain sependapat dengan pertimbangan saya tadi, juga tanggal show di chicago bertepatan dengan jadwal kuliah suami yang diperkirakan sudah mulai sibuk dengan tugas-tugas.
Akhirnya mimpi nonton 1D kandas.

Sesampainya di US, saya tetap ngikutin berita 1D. sampai pada akhir tahun 2014, manajemen 1D mengumumkan bahwa akan ada On The Road Tour Again (OTRA) Tour tahun 2015 di US. jadwal show di beberapa kota di US telah di release. Tring tiba-tiba harapan itu muncul kembali. ada beberapa yang tempat shownya dekat dengan dengan tinggal kami. pilihannya antara chicago dan Indianapolis, yang jarak kedua kota tersebut masing-masing sekitar 2,5 jam dari tempat tinggal kami.

Lagi-lagi saya ngajuin proposal sama suami, dan kali ini, akhirnya suami dengan sangat bijaksana membolehkan saya nonton. sebegitu sayangnya beliau sama saya sehingga jika memang ada kesempatan, saya boleh nonton (atau jangan-jangan beliau lelah denger rengekan saya siang malam) hahaha. Yup kadang-kadang lucu, suami saya itu seperti punya tiga anak perempuan. anak sulungnya saya. Beliau sudah terbiasa dengan permintaan-permintaan ajaib ketiga anak gadisnya ini haha. kadang kala kalau kami bertiga bandel juga suami galaknya kayak bapak-bapak juga haha. he is trully my best friend, daddy and husband in the same time.

Okay, balik lagi ke konser. Karena jadwal yang paling oke dan bertepatan dengan summer break adalah di Indianapolis, maka saya pilih di Lucas Oil Stadium Indianapolis yang akan digelar pada 31 Juli 2015. Tiket pun langsung saya beli. Waktu itu Desember 2014.

Bulan demi bulan berganti saya sambut dengan riang gembira. Artinya hari H menuju nonton konser semakin dekat. Ketika kami sedang liburan spring break di Miami (bulan Maret 2015), pagi-pagi suami ngasih tau kalau personil 1D, Zayn Malik kabur dari jadwal tour OTRA sehabis manggung di Thailand, gegara stress. Media mempublish poto dia sama cewek lain yang bukan Perrie Edwards (tunangannya waktu itu) lagi hang out di sebuah bar di pataya. Ih, gak asik banget si Zayn.

Sontak directioners pada ribut dan harap harap cemas semoga dia balik sebelum show di negaranya (waktu itu jadwal tournya lagi di asia -Filipina dan Indonesia). Lalu, beberapa hari setelah kejadian itu, suami ngasih tau lagi klo si Zayn Malik keluar dari band. Suami saya memang paling tau kabar apapun karena hobinya baca berita.

WAIT, WHAT? aahh Zayn Malik pengacau nih. saya bela-bealain, memberanikan diri nonton konser sendirian di US malah dia keluar. Hati saya mulai galau. kata suami “udah, jual aja tiketnya, 1D udah gak keren, bentar lagi juga bubar”. saya semakin galau. Ketambah, saat itu di TV lagi heboh penembakan tiga orang innocent muslim di North Carolina. Saya jadi tambah bimbang. Saya takut keluar rumah sendirian, saya masih punya anak bayi, nyawa saya sangat berharga. Batin saya waktu itu. Lama kelamaan saya terpengaruh dan menetapkan hati untuk menjual tiket.

Saya listing tiketnya di website saya beli dengan harga dua kali lipat. Namun sebulan berselang belum ada yang beli juga. Saya turunin lagi harganya, seharga saya beli. Kali ini, gak lama menunggu langsung yang beli. Ketika tiket terjual, bukannya bahagia malah saya bingung lagi. yaaa, seumur hidup saya gak bakalan lagi nonton 1D.

Hari demi hari berlalu, saya sudah tidak ingat lagi 1D. Sampai tanggal 31 Juli 2015 pun terlewati dengan mulus. Waktu itu saya lagi liburan di Wahington DC, setelah sebelumnya kami mampir di New York.

Ketika perjalanan pulang dari summer break road trip, tepatnya ketika kami beristirahat di sebuah hotel di Dayton, Ohio, pagi-pagi sambil nyiapin sarapan, saya ngeliat 1D show di Good Morning America di Central Park New York. Suami ngeledek, “Yaaa mama kurang beruntung, padahal minggu kemaren ke Central Park” katanya. OMG, dalam hati saya, mereka masih keren walaupun gak ada Zayn.

Akhirnya dengan tekad bulat saya cari lagi tiket konsernya di kota lain. Yang terdekat masih ada chicago (Illinois), Detroit (Michigan) dan Columbus (Ohio). di Chicago jelas gak mungkin karena jadwalnya sudah mepet waktu kuliah. Akhirnya pilihan detroit atau columbus.

Saya ngajuin proposal lagi sama suami dan ternyata suami masih sayang sama saya, akhirnya di approve di Columbus, 18 Agustus 2015. jaraknya memang dua kali lipat daripada ke Indianapolis, tapi suami dengan bijaksana mengantar saya kesana.

Daan, tanggal 18 Agustus pun tiba. Meluncurlah kami ke Ohio, perjalanan 5 jam. Perasaan saya campur aduk ketika sampai Ohio Stadium tempat konsernya. Acara sesuai tiket jam 7 malem. saya tiba jam 4 sore langsung dari Urbana. Setelah ngedrop saya di venue, Suami dan anak-anak nunggu di hotel.

Saya tetap waspada dan hati-hati sewaktu sendirian di tempat umum. saya masing inget kejadian di North Carolina dulu. Apalagi yang sepanjang saya memandang, dimana-mana seantero stadium gak ada yang pake jilbab kecuali saya sendirian.

Ternyata lama-lama saya sudah mulai relax, penonton kebanyakan perempuan, anak-anak remaja, dan banyak juga anak-anak bersama orang tuanya. saya merasa lagi di Disneyland haha. Orang-orang yang saya temui juga sangat ramah-ramah termasuk penjaga tiket masuk. Sama petugas yang sudah berusia lanjut, saya di kasih tau dengan sopan dan halus kalau saya gak boleh bawa selfie stick. Saya boleh menitipkan barag itu di beliau dan mengambilnya kembali ketika konser selesai tepat di tempat yang sama.
Petugas lain yang mengatur seat nya pun sangat ramah. Mereka segala usia, dari mulai kakek2, sampai remaja2 siap membantu mengarahkan tempat duduk penonton.

Opening Act atau konser pembukanya tepat jam 7 oleh Icona Pop. lagunya banyak ada kali satu album hahaha. padahal saya udah gak sabar lihat Harry styles dkk. setelah opening act kirain bakal langsung muncul tuh the boys. Taunya, mereka baru nongol jam 8.30. duuh emang artis terkenal kudu banget telat ya biar penonton menunggu2.

Mereka langsung tancap dengan ‘steal my girl” aksi panggungnya keren banget. Sepanjang show mereka bawain 25 lagu, yang semuanya sudah saya hafal. mereka sangat menghibur. Pertunjukannya keren. Disini yang paling heboh diteriakin penonton si Niall Horan. Banyak banget fans nya Niall disini.
oh ya saya mau cerita bedanya nonton konser di Indonesia dengan di amerika. Sewaktu saya nonton Katy Perry di sentul tahun 2012, sepanjang show dari lagu pertama sampai yang terakhir gak kedengeran suara katy perry nya. suaranya ketutup ama suara penonton. mereka ikutan nyanyi cenderung teriak-teriak. Saya waktu itu nonton di festival, langsung berdiri depan panggung. Selain bising dengan suara kanan kiri, juga ada adegan dorong kesana kemari sampai saya terjatuh. aduuuuhhh gak asik banget ya.

Nah nonton di amerika, saya puas puas banget. sepanjang show dari lagu awal sampai akhir, semua serba tertib. semua penonton dari berbagai variasi harga tiket disediakan tempat duduk, jadi gak ada rebut2an tempat. dan gak ada satu orangpun yang melenceng atau pindah dari area tempat duduknya. Walaupun saat lagu mereka berdiri, tapi gak ada yang keluar barisan. Aisle antar bangkuĀ  tetap kosong dan rapih. jadii walapun saya nonton di belakang, saya masih bisa rekam dan lihat artisnya dengan jelas.

yang lebih penting lagi, gak ada yang berisik gak jelas. mereka nyanyi kenceng ketika di suruh sama penyanyinya. kalau gak diajak nyanyi, mereka paling nyanyi-nyanyi dengan dengan suara kecil. pokoknya tertib banget, tapi tetap meriah.

Seusai acara, keluarnya pun tetap rapi dan Akhirnya saya cepat keluar gedung gak pake antri atau berdesakan. sebelum pulang, saya ke tempat saya menitipkan selfie stick itu dan si bapak tua masih di tempat semula “you’re back” katanya. of course i am sir. hahaha

Alhamdulilah saya nontok konser lancar, mimpi masa remaja saya sudah menjadi kenyataan.saya gak penasaran lagi. Thanks to my hubby yang sudah nganter jauh-jauh dan anak-anak saya juga pada soleh ditinggal emaknaya 6 jam di hotel. they are absolutely adorable.

1D

Leave a Comment

Pengalaman Ramadhan di Perantauan

Ramadhan tahun ini, memberi warna yang berbeda bagi keluarga kami. kami menjalaninya di perantauan, di negara yang penduduk muslimnya sangat minoritas. United States. Menjalani puasa marathon saat musim panas selama 17 jam, awalnya tidak pernah kami bayangkan. selama ini bertahun-tahun berpuasa di indonesia paling hanya 14 jam. Namun setelah dijalani, ajaib lho, justru puasa tahun ini (terutama menurut saya pribadi) sangat-sangat banyak diberi kemudahan. Sebulan penuh kami lewati dengan penuh suka cita. cuaca juga sangat mendukung, walapun musim panas, namun saat itu sering sekali hujan atau mendung, jadi gak terlalu bikin haus. Siangnya, ibu-ibu tadarusan bareng-bareng di Orchard Down, tuan rumahnya gantian. Setiap hari kami juga berbuka bersama (iftar) di mesjid (CIMIC/Central Illinois Mosque and Islamic Center), kemudian lanjut dengan shalat maghrib, isya dan tarawih berjamaah. kami baru pulang dari mesjid sekitar jam 11.30 malam. anak-anak saya pun happy walaupun pulang selarut itu. di mesjid, banyak teman-temannya sesama kanak-kanak . mereka berasal dari berbagai negara.

Satu hal yang paling saya sukai, selagi kami para orang tua ibadah, anak-anak dijagain oleh remaja-remaja mesjid yang bertugas baby sitting. kami bisa menjalani ibadah dengan tenang. Sewaktu kami kerja di Indonesia, jarang sekali kami ada waktu untuk salat tarawih berjamaah dimesjid. bahkan kadang-kadang berbuka puasa di jalanan atau di kedaraan, karena jalanan yang macet atau kerjaan banyak sehingga pulang telat. menjalani puasa di sini, memberi kenikmatan beribadah yang maksimal.

setiap hari CIMIC menyediakan penganan berbuka puasa lengkap (ta’jil, menu utama dan dessert) sebulan penuh sepanjang ramadhan. gratis untuk siapa saja yang iftar di mesjid. seringkali karena hidangannya banyak dan bersisa kami juga boleh bungkus makanan itu untuk dibawa pulang. saya bahagia karena sahur gak perlu masak hohoho. asik kan? Alhamdulilah.

Lalu darimana mesjid mendapat biaya untuk menyediakan menu sebanyak itu? dana dan penganan berbuka pusa berasal dari donatur berbagai komunitas dan negara. beberapa hari sebelum bulan puasa dimulai, manajemen CIMIC sudah membagikan selebaran jadwal iftar selama bulan ramadhan plus menu setiap hari. menu hari itu biasanya menyesuaikan dengan asal donaturnya. misal menu hari pertama makanan mesir, bisa dipastikan donaturnya komunitas muslim mesir di IL. selain mesir, ada juga arab saudi, palestina, turki, dan timur tegah lainnya, dan komunitas-komunitas lokal seperti pejabat-pejabat di UIUC. konon katanya dana perhari untuk menyediakan menu iftar itu sekitar $1700. menu selalu ada nasi, which is sangat memuaskan perut orang indonesia seperti kami yang punya slogan “belum kenyang kalau belum makan nasi”.

Buat ibu-ibu seperti saya, itu rezeki berlimpah sekali, selain menghemat uang belanja juga menghemat tenaga, tidak terlalu sering masak di rumah. bulan puasa bisa lebih banyak waktunya untuk beribadah. Secara keuangan juga sangat sehat lol.

Sebelum bulan puasa, kami road trip ke west cost yang menghabiskan uang yang banyak. sewaktu pulang dari trip sempet deg deg ser juga cukup gak nih uang belanja. alhamdulilah lebih dari cukup, karena hampir sebulan kami tidak keluar uang belanjaAlhamdulilah. “.. maka nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan”.

Sepanjang iftar dan beribadah di mesjid, kami banyak mendapat kenalan dan keluarga baru dari berbagai negara. Saking senangnya ke mesjid, sekarang walapun ramadhan telah berakhir, anak saya yang besar selalu minta ikut bapaknya ke mesjid kalau bapaknya mau solat. Sebenarnya diluar bulan ramadhan, CIMIC menyediakan sekolah minggu untuk anak-anak. namun sayangnya sekolah hanya boleh diikuti untuk anak 5 th keatas. Anak saya belum cukup umur. Padahal bagus banget kalau Anne bisa sekolah disitu, dia bisa belajar mengaji, solat dll.

Leave a Comment

Kejutan Manis

Ini tahun kedua kami tinggal di Urbana-Champaign. Kalau tahun lalu kami datang sebagai “penduduk baru”, yang masih awan dengan kota ini, kali ini kami kedatangan “penduduk baru”, para mahasiswa indonesia yang memulai kuliah fall tahun ini. Memang, tempat tinggal kami ini di Orhard Down, menjadi tempat favorit pelajar indonesia yang kuliah di UIUC terutama pelajar yang membawa keluarga. housing milik kampus yang walaupun lokasinya sedikit lebih jauh dari kampus, namun fasilitas dan lingkungannya sangat ramah untuk pelajar yang membawa keluarga. dapat dibilang, sebagian besar mahasiswa indonesia yang kuliah di UIUC, tinggalnya disini. Seru.

setibanya mereka dimari, kami, sebagai penduduk lama, dengan senang hati membantu. memberi bantuan tenaga, maupun informasi mengenai kota ini. informasi mengenai bazar-bazar atau garage sale tentunya sangat bermanfaat. tinggal ditempat baru, mereka pasti membutuhkan banyak utilities dan perlengkapan rumah yang tidak sediakan di unit apartemen masing2. Senang rasanya bisa sedikit membantu, karena dulu pun kami banyak dibantu oleh penduduk indonesia yang duluan tinggal disini.

Ada tiga keluarga yang datang hampir bersamaan kemari (2 keluarga dari Bank Indonesia dan satu dari Bapenas) ternyata sudah banyak tau mengenai kota ini. where do you think they knew so much things about this city? what a surprise, ternyata dari blog saya ini. sewaktu mereka siap2 datang kemari, mereka beriinisiatif mencari tahu tentang kota ini di dunia maya. dan ketemulah blog saya hoho.
suatu kejutan. selama ini saya fikir, blog ini tempat nyampah saya sendiri dan gak ada yang membaca (sebanyak itu). alhamduliah ternyata bukan cuma ngecap, tapi blog saya juga bermanfaat. dulu sewaktu kami baru2 kesini, kami baru tau ini itu setelah beberapa bulan kami disini. kami tau ada fasilitas kesehatan gratis atau kupon sembako gratis setelah dua bulan kami disini. sekarang baru seminggu mereka disini, mereka sudah daftar ini itu. sekali lagi, senang ternyata tulisan saya bermanfaat.

saya waktu awal-awal datang kemari memang rajin nulis pengalaman tinggal dikota ini. namun belakangan, saya sudah jarang update. namun karena ada blog, padahal banyak sekali pengalaman yang ingin sekali saya share. dengan adanya kejadians eperti ini saya jadi semanat lagi nulis.

Comments (2)

ngalor ngidul

aah udah lama gak nulis. problemnya banyak. pertama, saya gak punya laptop, huhu. laptop di rumah cuma ada satu yang dipakai suami ke kampus, belajar, ngerjain tugas. kalau bukan musim liburan hampir setiap hari senin-minggu suami pakai laptopnya. lalu, alasan kedua, i am super busy mom. yeah, alasan klasik. bahkan lagi anak pertama sekolah dan anak kedua bobo pun, i am still super busy, dunno why. sigh. daaan masih banyak alasan lainnya, lelah, capek, dan kalau ada waktu luang paling senengnnya bergosip lewat BBM sama temen SMP di kampung. oh i miss them so much, i miss my childhood vilage so much.

dan saya sekarang ini saya lagi seneng2 nya nonton yutube tentang shopping haul. saya pengen juga deh video-in koleksi belanjaan saya, tapi kapan ada waktu? hehe (lagi2 waktu) dan niat tentunya.

sekarang ini, alhamdulilah laptop udah bisa saya pinjam karena suami baru kelar ujian akhir di semester kedua . Oh thank God, first year officially completed. ikutan senang dan bangga sama suami. beliau telah menyelesaikan tahun pertama dengan sangat baik. tadi pagi (12 mei) hari terakhir kuliah di tahun pertama ini. besok sampai tiga bulan kedepan, full libur. suami gak ngambil summer class, toh kalau ngambil, gak bisa lebih cepet juga selesai kuliahnya. so, tiga bulan rencananya mau abisin liburan (dipotong satu bulan ramadhan).

liburan kali ini (minggu depan) kita mau eksplore lagi west coast. saat winter break desember-januari kemaren, kita naik pesawat ke SFO, dan liburannya cuma 10 hari jadi belum puas eksplore semuanya. baru sempet ke LA, SF, San Dieo.

trip kali ini lebih bertema wisata alam. karena kita akan mengunjungi national park, sepeeti yosemite, Grand Canyon, Mount Rushmore, Saint Louis Zoo. Kota besarnya Las vegas. it is gonna be a long journey, it will takes 3 weeks trip.
mohon doa nya mudah2an semua lancar.

ngomong2 trip kenapa ya dua kali mau trip diawali anak-anak yang sakit. ini yang suka bikin harap harap cemas. seminggu lalu tazki sakit. demam, dan sariawan cukup serius. seminggu full rewel dan tak mau makan, emaknya udah kayak zombie karena kurang tidur. alhamdulilah udah recovery sekarang. tiga hari lalu dibawa ke dokter katanya ada infeksi di telinga, lalu diresepin antibiotik. taski aman, sekarang bapaknya yang jadi kurang sehat, mungkin karena beberapa minggu terakhir dihajar ama tugas kuliah plus ujian, jadi mungkin kecapean. hari terakhir ujian aja katanya dipaksain. ya allah, semoga pada cepet sembuh Semuanya. amin.

saya sebenarnya pengen nulis semua pengalaman trip saya, tapi ya mau gimana gak ada laptop, gak ada waktu hiks. udah berapa trip ya gak ada ulasannya, padahal seru banget tuh. kita udah ke disneyland, miami segala kemarin duh.
kapan-kapan deh kalau suami udah beli surface, laptop tua ini pasti dilungsurin ke saya, baru (mungkin) deh saya bisa nulis hehe.

selama ini moment trip baru bisa saya share lewat foto2 di medsos aja. etapi, saya ada unek unek nih. sebenarnya setiap mau upload foto, agak ragu dan sungkan lho. takutt, kalau di luar sana ada yang beranggapan lain dengan niat saya share foto. seperti misalnya beranggapan saya pamer jalan-jalan terus, saya kampungan baru pergi kesana kemari aja udah dipamer2in. sebenarnya ada perasaan gak enak sewaktu tekan tombol upload foto.

namuunnn, sebelum orang menilai negatif foto2 yang saya share, let me explain my reasons:

– saya ingin share perjalanan secara gratis buat siapapun. Siapa tau dibutuhkan, apabila ada yang pengen mengunjungi tempat yang saya kunjungi. toh ini mempermudah urusan orang kan dalam membuat itenerary.

– saya ingin keluarga dan teman-teman masa kecil saya juga seneng ngeliat saya bepergian. pahala kan bikin orang seneng. jauh hari sebelum kami ke amerika pun, saya selalu kagum lihat foto2 orang di luar negeri. saya gak pernah berfikiran negatif, malah saya berdoa kapan saya bisa kesana. now here i am.

-untuk dokumentasi. saya orangnya gak apik, not type of well-managed people. sewaktu2 saya pengen bernostalgia dengan trip saya, saya tinggal buka medsos.

toh kalau saya lihat alasan saya, kayaknya lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya saya share foto.

selama ini hati saya bilang ada yang gak suka dengan saya share foto. hey untuk kamu yang gak suka dengan itu, let me tell you one thing, just simply click to my account then unfollow me. as simple as that. jangan jadi hater ya.

Leave a Comment

Older Posts »