Sekarang adek udah 303 gram lho..

Kaka lagi bobo dalam perut Mami


Ngak berasa kehamilan saya sudah memasuki minggu ke 20. Saya masih melakukan kontrol rutin sebulan sekali ke dr. Dewi prabarini, Spog di Brawijaya woman and children hospital. Sampai minggu kemaren, saya sudah melakukan konsultasi sebanyak 4 kali.

Saat pertama kontrol, usia kehamlan saya sudah 6 minggu, bentuknya masih seperti gumpalan daging, namun belum berbentuk. Dia sudah dilindungi oleh sebuah rumah (baca: katung rahim). Kehamilan masa ini kata dokter masih rawan keguguran, karena janin belum memiliki ari-ari dan kondisinya masih lemah. Pada masa ini dr. Dewi menyarankan saya untuk tdak boleh teralalu banyak naik turun tangga, sehingga habit saya naik buswey ke kantor untuk sementara di stop dulu.

Beruntungnya teman kantor saya yang rumahnya satu komplek juga butuh joki 3 in 1. Jadi, tiap hari nebeng deh. Saya juga masih harus menjaga asupan makanan. Tidak boleh dulu makan mie instan, junk food dan makanan ngak sehat lainnya. Saya harus banyak minum susu, makanana yang dimasak matang dll. Saya juga harus menjaga aktifitas sehari-hari, tidak boleh terlalu capek.

Sebenarnya pada kehamilan ini saya belum merasakan mual, seperti halnya ibu ibu hamil lainnya ketika trimester pertama. Bagi saya semua masih berJalan normal, saya kadang masih lupa masih suka jalan kaki cepat-cepat supaya cepat nyampe tujuan. Paling berasa beda nafas saya tiba-tiba gampang ngos-ngosan.

4 minggu kemudian, saya kontrol lagi dan kehamilan sudah menginjak 10 minggu. Adek bayi sudah mulai berbentuk, sudah kelihatan calon tangan, calon kaki dan kepala yang siap tumbuh. Panjangnya baru sekitar 2,5 cm. Pada usia kehamilan ini saya sudah mulai merasakan mual, dan pilih-pilih makanan. Saya tidak suka aroma makanan yang sudah dingin, mual. Saya maunya makan yang enak-enak, yang masih panas. Karena itu, masa-masa ini saya cukup boros, karena maunya jajan terus, lunch maunya di mall atau restoran.

4 minggu kemudian (lagi) saya kontrol. Saat itu, panjang adek udah 7,5 cm, dan usia kehamilan sudah 14 minggu. bunyi jantungnya keras sekali. Grok grok grok grok… kira2 begitu bunyinya di USG. Masa kehamilan 10-14 adalah masa paling berat buat saya, mual sepanjang hari dari pagi sampai malam, pusing-pusing, perut kembung, telat makan sebentar mual dan pusing. Tapi saya tetap berjuang dan tidak menjadikan kondisi ini untuk menjadi alasan tidak produktif. Semua tugas dan kegiatan berjalan normal. Justru dengan kesibukan perasaan mual dan pusingnya untuk sementara dapat dilupakan.

Nah terakhir saya kontrol adalah minggu lalu waktu usia kandungan 19 minggu. Itu artinya saat ini adek bayi genap 20 minggu. Pada trimester kedua ini badan saya mulai membaik. Dr. Dewi juga bilang trimester kedua ini adalah masa paling enak. Selama perut penuh dan tidak telat makan, mual dan pusingnya ngak terasa lagi. Palin-paling kalau sore menjelang malam, saya masih merasakan mual dan pusing.

Kontrol terakhir dengan kadungan 19 minggu, adek bayi sudah tumbuh pesat. Adek bayi sudah tidak bisa lagi diukur panjangnya, karena badannya sudah menekuk karena kantung rahim sudah mulai terasa menyempit bagi dia dan kamera USG sudah tidak bisa mengcapture gambar badan adek bayi secara utuh. Sekarang untuk mengukur pertumbuhan adek bayi, sudah harus menggunakan berat. Beratnya 303 gram, kepala masih lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Saya pengen banget tau jenis kelaminnya, katanya usia kehamilan 16 minggu seudah bisa diliat. Tapi rupanya adek bayi masih malu-malu, USG terakhr kami masih belum bisa melihat jenis kelaminnya. Posisi kaki nutupin selangkangannya.

Kata orang-orang masa kehamilan ini, si ibu sudah mulai merasakan bayi dalam kandungan bergerak-gerak atau menendang. Tapi saya belum merasakan itu. Apa adek bayi bobo terus ya? Atau jangan-jangan kamu anak kalem nak? Sayang ama mama, jadi ngak mau nendang nendangšŸ˜€

2 Comments »

  1. kalem kayak bapak nya

  2. kupukupukuningku said

    ih ngaku ngaku..:p

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

