Liburan Pertama ke Padang

rame-rame

nin takut ketinggian, g berani liat k jendela

Liburan Idul Adha, kami semua pergi ke Padang. Sejak nikah sama orang Padang, memang kami biasa liburan dan ngambil cuti pada saat Lebaran Haji. Orang-orang mungkin lazimnya pulang kampuang pas lebaran Idul Fitri, tapi kami beda. Alasannya kalo liburan idul fitri padang macet, kemana2 lama, mungkin karena sebagian awak minang merantau, sehingga pas liburan idul fitri, orang-orang yang merantau tadi pada mudik jadinya padang dan sekitarnya macet.

Namun cerita kali ini bukan ngomongin liburannya, seperti main kemana aja, makan apa aja dll, tapi disini Mama mau ceritain Kaka dan segala perkembangannya selama liburan.

Liburan kali ini yang pertama buat Kaka Anne dan pertama juga buan Nin (baca: Nini). Buat Kaka dan Nin ini merupakan yang pertama naik pesawat. Sayangnya, keceriaan mengawali liburan terganggu dengan delaynya pesawat kami menjelang keberangkatan. Semula harusnya kami naik pesawat di Rabu, 24 Oktober 2012 jam 11-an. Dan kita sudah persiapkan untuk berangkat dari rumah jam 8. Namun menjelang keberangkatan baru dikabarin sama maskapai bahwa pesawat delay dan re schedule ke jam 1 siang. (delay kok direncanakan dari jauh sebelumnya).

Karena persiapan udah oke semuanya, kami putuskan untuk tetap berangkat pagi meskipun jadwal diubah ke siang. Biar kita ada waktu dulu buat maksi di erpot. Menjelang jam 1, maskapai ngabarin lagi bawa penerbangan delay lagi dan di ubah ke jam 4 sore. Eerrrrr….. total delay 7 jam bo, yang ada kita terlunta2 di erpot. Duh kapok deh naik maskapai itu. Yang tadinya sampe Padang direncanakan siang atau sore biar malemnya bisa kuliner. Ini, yang ada baru malem2 nyampe rumah padang.

Selama liburan Kaka Ann seneng banget, mungkin karena banyak temen. Banyak sepupu. tapi sayangnya. selama liburan Kaka Ann seringnya gak mau makan. Maunya maen terus.

Selama di Padang Nin gak masak sop ayam kesukaan Kaka seperti biasanya kalo di Jakarta. Selain Nin canggung ngoprek ngoprek dapur besan, juga Kaka gak mau makan. Pernah mama masakin sop gak dimakan ama kaka. Huhu..

Ditengah2 putus asa susah ngasih makan Kaka, Mama coba ngasih menu makanan orang dewasa buat kaka. Mama ngasih soto padang, Pangek Talua (semacam masakan telur dan daun talas dibuat ditungku sehingga aromanya hmmm aroma masakan dan kayu bakar, wangi-wangi gmn gitu.. pokoknya beda banget), selain itu juga Kaka dikasih sate padang, ternyata semua masakan itu, Kaka mau makan. Walopun gak buanyak spt biasanya di Jkt, tp lumayan lah ada makanan dengan rasa baru masuk ke perut. Memang Kaka sepertinya niru selera Papa yang doyan masakan Padang dan pedas.

Sejak itu Mama baru sadar kalo selama sebulan ini kaka susah makan, mungkin kaka lagi bosen makan makanan biasa yang rasanya plain. Kaka udah mau makan makanan yang sedikit berbumbu seperti orang besar. Yang paling banyak kaka makan ketika kaka dikasih mie kuah Kubang, wiih sedap betul Kaka makan. Mungkin saat itu dingin-dingin abis ujan juga kali ya.

Karena menjelang kepulangan, Kaka mau makan, jadi sekembalinya ke Jakarta, jadi lumayan agak berat dikit badannya dan “pipi telor” nya balik lagi setelah sebelumnya ilang :p.

Selama di padang Kaka jarang dikasih buah-buahan. Biasanya kan kalo di Jakarta, kaka makan menu Utama (nasi) 3 kali sehari dan ditengah-tenganya ngemil buah2an atau jus. Tapi selama dipadang, karena kita mobile dan buah-buahan gak selengkap di jakarta, Kaka jarang dikasih buah, Gantinya, Kaka udah mulai dikenalkan sama semilan lain seperti biskuit dan kue-kuean. Kaka juga udah mulai dikasih susu UHT.

Ada yang lucu lagi dari pertumbuhan kaka selama liburan. Kaka jadi lebih bawel. Kaka udah mulai belajar ngomong. Sebelumnya kan kosa kata yang bisa diucapkan baru Mama, Papa, Nenen, teteh. Pokoknya suku kata yang diulang-ulang. Sejak liburan itu, Kaka jadi bawel mungkin karena ada temen ngobrol sesama bayi seperti Uni Rayya, Uda Daffa dan Adek Zahra. Kaka juga sudak bisa manggil dirinya sendiri “Kaka”. Selain itu juga kaka sudah bisa salim ama orang, dan sudah ngerti kalo kita ngomong apa.

Dikamar yang kita tempatin di rumah padang kan ada bintang dan bulan glow in the dark yang dipasang Ai (Tek Iid, tantenya Kaka) di atap langit langit kamar. Nah kalo dimatikan lampunya kan keliatan jelas bintang-bintangnya. Mama Cuma bilang sekali dan nunjuk keatas bahwa itu Bintang trus nunjuk di dinding bahwa itu Bulan. Nah berikutnya kalo mama tanya “mana bintang?” kaka langsung nujung ke atas langit2, dan kalo mama tanya “ mana bulan?” kaka langsung nunjuk ke dinding. Duuh gemesin banget deh.

Liburan kali ini, spt biasanya kita kuliner ke berbagai tempat dan mengunjungi Saudara di sekitaran Batu Sangkar, Bukit Tinggi, dan Sianok juga main ke pantai Caroline. Namun dibandingkan liburan ke padang 2 tahun lalu, liburan kali ini tidak terlalu banyak tempat yang dikunjungi, dan banyak juga makanan yang kita lewatkan. Padahal sebelum berangkt ke Padang udah diniatin tuh makan ayam pop medan di Simpang Raya Bukit Tinggi dan Makan dendeng Batokok, tapi dua makanan itu kita lewatin soale gak setiap hari kita jalan, kesian anak-anak. Padahal pengen banget ngajak Nin makan dua makanan itu. 2 tahun lalu belum ada bocil2, waktu itu belum ada kaka Ann, belum ada Uni Rayya apalagi Adek Zahra. Anak kecilnya Cuma Uda daffa aja.

Jadinya banyak tempat yang dikunjungi. Kali ini, jalan-jalannya setiap 2 hari. Kesian kalo jalan tiap hari, bisa-bisa mereka sakit.
Liburan kali ini kita cuma makan makan sate padang di padang panjang (sate mak syukur/SMS), makan martabak dan mie rebus kubang. Tempat yang kita kunjungi juga gak banyak, kita Cuma ke Bukit Tinggi, Batu Sangkar dan Sianok.

Dulu kita sempet ke istana pagaruyuang, dan berenang di danau singkarak. Liburan kali ini kita gak kesana. Tapi gak apa2 deh, at least Kaka Ann seneng liburan ke rumah nenek dan Atuk dan seneng main-main ama sepupu.