Intip Dibalik Nama Anneline Fitria Aisyah

Kenapa Papa Mama ngasih Nama Anneline Fitria Aisyah untuk si cantik. Yuk kita bedah satu-satu.

Dulu Papa Mama sama-sama penggemar novel tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer. Dalam buku pertama yang berjudul Bumi Manusia, ada tokoh perempuan cantik, blasteran pribumi-Belanda yang bernama Annelis Melema, putri dari Nyai Ontosoroh dengan Mr. Herman Melema yang orang belanda.

Dikisahkan tokoh Annelis ini sosok yang cantik, dan baik hati, sehingga memikat hati tokoh utama dalam buku yaitu Tirto Adi Soerjo alias Mingke. Walopun memiliki darah belanda dari sang Ayah, namun Annelis sangat nasionalis, dia sangat dekat dengan ibunya, Nyai ontosoroh, seorang wanita pribumi yang kuat yang berhasil keluar dari stigma kebodohan yang saat itu dialami oleh hampir semua wanita. Saat ini wanita gak boleh sekolah dan dipandang rendah. Harapannya, si cantik Anne Aisyah memiliki karakter yang sama dengan Annelis, baik hati dan lemah lembut dan tentu saja cantik.

Nama Anne juga bagi mama sangat istimewa. Bagi mama nama Anne nama klasik yang tidak lekang oleh waktu. Mama juga penggemar novel klasik tahun 1800-an yaitu serial Anne of Green Gables. Tokoh utama dalam serial ini adalah Anne Shirley. Anne Shirley adalah anak yatim piatu, namun dia memiliki karakter yang periang, siapa saya yang dekat dengan dia kebawa jadi pribadi yang periang juga. Anne Shirley memiliki harga diri yang tinggi, walopun anak pungut, namun dia tidak bisa diremehkan. Anne juga setia kawan, pandai bersosialisasi. Mudah2an Anne Aisyah juga jadi pribadi yang periang dan membawa kebahagiaan bagi semua orang, seperti Anne Shirley. Amin.

Selanjutnya nama tengah Fitria, dikasih dari nenek padang. Fitria nama yang sempurna untuk perempuan. Dan nama terakhir Aisyah. Aisyah disini diambil dari nama salah satu istri Rasulullah SAW, seorang wanita yang cerdas. Semoga Kakak Anne dapat menjadi wanita yang cerdas seperti Aisyah.

Mudah-mudahan, nama yang cantik juga dibarengin dengan perilaku yang cantik juga. Semoga semua karakter yang baik-baik dari nama-nama itu, bisa turun juga ke si cantik Kakak Anne, baik hati, nasionalis, periang yang membawa kebahagiaan bagi siapa saja, serta cerdas. Amin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: