Resolusi 2013

Sebelum nulis resolusi 2013, saya ingin mengevaluasi resolusi 2012 kemaren. Apakah resolusinya tercapai atau tidak.

Ini resolusi saya di 2012
1. Investasi
2. Daftar Haji buat mama
3. Bikin Makanan yang sehat dan enak buat kaka (2 bulan lagi Kaka MPASI)

1. Investasi
Sepanjang 2012, alhamdulilah saya sudah punya beberapa produk investasi saham dan reksadana.

Secara keseluruhan resolusi saya dalam hal investasi tercapai malah melebihi ekspektasi. Kalau tahun lalu saya beli saham blue chips yang defensif, sekarang saya beli saham second layer yang sedang bertumbuh. Punya duit sedikit bukan alasan untuk tidak investasi saham. Sekarang banyak saham-saham bagus yang masih murah valuasinya. Dengan modal satu juta udah bisa kok dapet saham tertentu sebanyak satu lot. Lumayan kan? lama-lama kan jadi bukit. Apalagi kalo returnnya bagus. Saya masih optimislah investasi saham ditahun depan, target 20 persen setahun minimal.

2. Daftar Haji buat mama
Yang ini juga alhamdulilah sudah tercapai, sekitar pertengahan tahun, saya sudah bisa daftarkan haji buat mama , hutang ke orang tua walaupun gak pernah bisa terbalaskan, lumayan berkurang dikit lah hehehehe…nanti tinggal nyicil sisa ONHnya aja.

Saya sendiri dan suami sudah daftar haji sejak 2010 lalu, tapi gak tau tuh berangkatnya kapan. Sekarang mau naik haji, udah bayar DPnya mahal, berangkatnya juga lama lagi.

3. Bikin Makanan yang sehat dan enak buat kaka (2 bulan lagi Kaka MPASI)
Anne sekarang udah 16 bulan. Dia udah makan macem-macem, sukanya sih makan sop ayam kampung dan sayur-sayuran terutama brokoli. Makannya banyak, seperti papahnya. Buat cemilan, Anne suka makan buah-buahan, seperti melon, buah naga, sunkiest, pear. Dirumah memang sengaja gak disediakan cemilan seperti biskuit, kue-kue kering dll, biar Anne gak terbiasa ngemil makanan yang kurang bergizi. Yang pernting makan sehat dan cemilannya ganti buah-buahan aja.

Sejak ulang tahun yang pertama, Anne sudah dikenalkan ke susu UHT, tapi susunya juga yang plain warna putih, biar kandungan gulanya gak terlalu tinggi.

Alhamdulilah, menurutku resolusi buat ngasih makanan yang baik buat Anne tercapai. Dengan makan sehat Anne juga sehat dan jarang sakit-sakitan.
Begitulah, sepertinya resolusi saya di tahun 2012 tercapai 100 persen.

Okay sekarang kta move on ke resolusi selanjutnya di 2013. What 1 gonna do?

Saya malah pengennya di tahun 2013, hidup mengalir apa adanya dan tidak ada target tertentu yang gimanaaa gitu. Semua yang wajib-wajib udah tercapai ditahun-tahun sebelumnya. Tapi tetep sih untuk urusan finansial, namanya kita udah berkeluarga dan udah punya tanggungan, menurut saya sih penting juga bikin resolusi finansial di tahun 2013 ini. Bukan apa2 sih, bukan mau pamer atau apa, tapi buat saya pribadi, resolusi ini penting buat jadi guidelines dan netapin langkah kedepan, juga sebagai alarm. Kalau kita punya tujuan, akan gampang menetukan jalan mencapai tujuan tersebut.
Ini resolusi saya 2013:
1. Investasi,
2. Kurangin Hutang
3. Self learning
4. lancar nyetir

Saya pengen jadi orang yang lebih pintar, dan ilmu menurut saya banyak dimana-mana bukan cuma disekolah. Mau nerusin sekolah lagi kayaknya gak ada waktu dan menurut hitung-hitungan saya, dengan return/manfaat langsung ke karir kayaknya engga ada. Saya beranggapan, dengan kondisi dan birokrasi saat ini, saya sekolah lagi atau engga, karir akan tetap sama. Segitu-gitu aja, gak seperti PNS yang kalau lanjutin sekolah, otomatis jabatan juga ngikutin. Dikita gak seperti itu. Jadi ngapain juga sekolah. Iya memang, pasti beda orang yang sekolah dan engga, dan pasti ilmu itu bermanfaat banget, tapi saya cari aset bukan aktualisasi diri hehehe.. (ini pendapat pribadi saya lho).

Paling mentok karir di kantor cuma sampe deputi kapala divisi (kalo nyampe) dan itu gak perlu ijazah S2. Sesederhana itu sih saya mikirnya.

Sekarang kan biaya sekolah mahal banget, misalnya, biaya S2 sampe lulus habis 100 juta. Buat saya uang segitu mending buat investasi yang bikin uang kita beranak pinak. Karena tujuan saya bebas secara finansial sesudah pensiun nanti, KECUALI…. kalo sekolahnya dibayarin. Itu sih saya akan mati2an berjuang buat sekolah lagi.

Saya mau mulai belajar bahasa asing lagi. Saya pengen lancar bahasa perancis. Kursus dua level di CCF kayaknya masih jauh buat parle bien francais.
Selain bahasa perancis, saya juga mau belajar lagi grammar bhs inggris hehehe.. jadi malu karena englishnya masih pas-pasan. Maklumlah, saya kan gak pernah kursus bahasa inggris seperti orang-orang. Saya dari dulu belajar sendiri bahasa inggrisnya. Tapi jangan salah, di sekolah nilainya 9 lho hehehe.. Bos saya dikantor aja, gak percaya kalau saya gak pernah kursus.. hehe.

Gak ada biaya bukan hambatan bagi saya untuk tidak belajar, dulu saya suka belajar bahasa inggris sendiri, secara otodidak. Dulu saya seneng ngobrol ama bule, dengerin lagu2 spice girls, dan nonton film barat.

Selain bahasa, saya mungkin mau sedikit belajar tentang finansial, karena saya suka sekali ilmu itu. Saya sebagai ibu bekerja dan ibu rumah tangga sekaligus, penting dapetin ilmu finansial.

Terakhir mungkin saya pengen baca novel paling sedikit dua buku dalam sebulan.
Oke deh itu aja sih resolusinya.

Oh ya taun depan Anne udah 2 tahun, orang-orang aja banyak yang nanya kapan nambah. Wah kalo itu saya belum bisa jawab, karena saat ini saya lagi seneng-senengnya pacaran ama suami. Heheh.. dan saya lagi gak mau berbagi kasih kepada anak kecil lain selain Anne. Biarlah Anne sampe puas dulu miliki mama papanya sebelum adiknya lahir. Jadi yang ini masih belum masuk dalam perencanaan. Tapi kalau Allah kasih sih, alhamdulilah juga. I’ll take it as a gift from Allah Almighty.

Leave a Reply

