Congratulations your U.S visa has been approved

Hari ini bertepatan dengan unofficial ulangtahunku 16 Juni 2014, permohonan visa kami sekeluarga di approve US embassy.

Hari ini, kita dapat jadwal wawancara jam 9, dan udah ngantri didepan embassy jam 8.15. Rasanya sedikit aneh saya berada di depan gedung US embassy, seperti mimpi saja rasanya. 4 thn yang lalu sewaktu masih ngekos di salemba, saya sering ke kantor naik kopaja dan pasti ngelewatin US embassy. Waktu itu, saya cuma bisa nonton, ngapain orang-orang ngantri disitu pagi-pagi, dan sedikit penasaran juga sama bangunan yang ada dibalik tembok tinggi nan kokoh yang terletak di jalan merdeka selatan no. 5 itu. Kira-kira seperti apa ya suasana didalamnya? orang-orang yang kerja disitu penampilannya seperti apa ya? hehe

Ternyata, tidak terlalu lama untuk mendunggu jawabanya. Hari ini, giliran saya yang ikutan ngantri disitu pagi-pagi. Buat pamer, saya diam-diam foto diantara barisan hehehe terlihat norak sih, tapi biarlah daripada didalem engga bisa foto-foto Hehehe. So, beginilah akhirnya saya kesampaian masuk gedung kedutaan Amerika Serikat yang dulu sering saya pelototin dari luar.

Saya sendiri ngak pernah ngebayangin pergi ke US secepat ini. Kalau kata suami, beasiswa sekolah ini rezeki anak kedua, Tazkiya. Waktu nikah, suami dapat reward naik haji suami istri, lalu anak pertama, Anneline lahir, rumah pertama udah jadi. Dan sekarang anak kedua lahir, dapat beasiswa. Alhamdulilah semua dimudahkan, mungkin rezeki anak soleh hehehe.

Anak dibawah 14 tahun engga wajib datang saat wawancara, dan kebetulan anak-anakku masih pada batita. So tadi yang datang wawancara hanya saya dan suami. Ternyata masuk ke US embassy ketat banget ya securitynya. Saat masuk gerbang, langsung ada metal detector. Peralatan elektronik, HP harus dimatikan dan barang-barang itu harus dititip ke security di depan. Air minum dan segala bentuk cairan juga harus diminum habis atau dibuang sebelum masuk. Persis seperti penjagaan di imigrasi bandara kalau mau ke luar negeri.

Sekitar satu jam antri dan verifikasi dokumen, akhirnya kami diwawancara sekitar jam 10. Saya ngebayangin wawancara ini seperti wawancara kerja. Kita diwawancara di ruang tertutup duduk berhadapan dengan pewawancara. Ternyata wawancara di US embasy suasananya seperti kita beli tiket kereta di Gambir atau distasiun-stasiun hehe. Antara si pewawancara dan yang diwawancara terhalang oleh sekat kaca. Untuk dengar si pewawancara ngomong apa, ada microfon di dalam ruangan biar kedengeran sama yang diwawancara.

Heheh begitulah noraknya saya. Maklumlah selama ini saya belum pernah pergi ke LN non ASEAN, jadi belum ada pengalaman apply visa. Proses wawancara sekitar 10 menit. Suami ditanya kenapa pilih sekolah di Illinois?, disana nanti tinggal dimana? dan tentu saja financial statement dan financial support dari kantor di tanyain.
Sementara aku sendiri sebagai dependant cuma disuruh baca booklet kecil saja. Saya belum baca sih isi booklet itu, tapi sekilas sepertinya mengenai rules rules selama disana. Seperti tidak boleh kerja, dan hati-hati sama perdagangan manusia (human trafficking). Anyway akhirnya kertas putih itu pun dikeluarkan untuk kami. “Your U.S visa has been approved” katanya. Selanjutnya visa akan diantarkan ke kantor suami dalam 3 hari. Alhamduliah semuanya dimudahkan. Sehabis dari embassy saya dan suami hunting tiket ke Qatar Airways di Menara BCA lantai 38. Ternyata kalau kita beli langsung ke kantornya, harga tiket stundent bisa lebih murah lho. Bedanya bisa US$ 300an. Padahal kalau pesannya lewat online tidak ada harga stundent ini, semuanya tiket reguler. Tapi untuk dapat harga student ini, syaratnya harus nunjukin visa. Nah, karena visa belum diantar, so kita baru tanya-tanya dulu tadi. Untuk tiket berempat, keberangkatan sekitar awal agustus, tiket yang ditawarkan sekitar 3900 USD.

Leave a Reply

