Orchard Down

Dua bulan disini saya belum cerita hal basic mengenai dimana kami tinggal selama suami kuliah ini. Yup sesuai judulnya kami tinggal di housing punya kampus Orchard Downs, U of I Family and Graduate Housing di area Urbana. Sesuai namanya housing disini umumnya ditinggali oleh stundent dengan keluarga. tapi yang single juga banyak sih. PIlihan apartemennya banyak dari mulai 1 BR, 2 BR full furnished dan 1 BR, 2BR non furnished. Ada juga unit yang sudah direnovasi dengan mesin cuci dan dryer di dalamnya serta lantai full carpetting, namanya remodeled.

Komplek Orchard Down housing dibagi dua yaitu tipe orchard down- apartemen yang saya tingglin ini lokasinya di area depan komplek housing, bangunannaya paling tinggi 2 lantai, satu gedung ada 4 unit apartemen (A,B,C, dan D), dan satu lagi Orchard south, bangunanya terletak di area belakang komplek banguannya lebih tua dan lantai keatasnya agak banyak, saya lupa 3 atau 4 lantai ya. harga di OS ini lebih murah $100 dari OD tipe yang sama (misal sama-sama apartemen 2 kamar, di OS lebih murah daripada di OD). Tapi yang bikin nyesek furnishnya lebih baru/bagus OS lho. sofa dan lantainya sepertinya baru diperbarui.

karena mayoritas temen2 kantor yang kulia disini tinggalnya di OD, maka kami memutuskan untuk tinggal di OD juga (biar aman). 2 bulan sebelum keberangkatan ke US, kami apply OD housing. pilihan pertama kami pilih remodeled dan [ilihan kedua Orchard Down 2BR. minggud epanny dapat jawaban dari housing bahwa kami dapat di OD, yang remodeled udah penuh. pas nyampe sini, pantes aja penuh terus, remodeled ini unitnya cuma 7 dan semau diisi sama resident yang sudah lama disini (minta transfer).

kalau kata temen sih, disini tempat tinggal paling aman untuk keluarga. Aman disini maksudnya, gak ada binatang piaran, karena disini pet are prohibited, area housing juga non smoking area. Paling seru di komplek ini juga banyak orang indonesianya. JAdi gak akan merasa kesepian (mudah-mudahan). CA (RT) neighbourhood 6, area yang saya tinggalin ini adalah Pak Sudibyo, beliau sekeluarga orang jogja. Mereka sekelurag jug baik sekali, kita banyak terbantu terutama saat awal-awal penyesuaian disini. malah pak RT ngaterin saya belanja groceries ke walmart champaign.

Daris egi harga dan tampilan, disini bukan apartemen yang paling murah atau paling bagus sih sebenarnya. kalau cari apartemen swasta yang lokasinya kira-kira sama seperti dari kampus ke OD ini, mungkin bisa dapat harga yang lebih murah, dan rata-rata apartemen diluaran itu lantainya full carpet. Namun satu hal kelebihan di sini dibanding apartemen di luaran sih katanya keamanan.

Walaupun agak jauhd ari daerah kampus, namun ada MTD (mass trasit District) / bus yang terjadwal siap mengantarkan penduduk OD kemana saja, terutama ke area komersial seperti mall, supermarket dan area publik lainnya. Semua dapat dijangkau Dengan naik MTD.

Syukurnya saya dapat apartemen yang dekat banget ke shulter. selain itu juga dekat ke laundry room, sekolah anak, muticultural healt center. Mau tranfer unit ke remodeled kayaknya fikir2 lagi deh. Apalagi kemarin habis borong karpet di meijer. anyway, harga MTD juga murah, $72 setahun. harga segitu sudah bebas naik turun pegi keman saja. bahkan beberapa kali dalam sehari juga gak masalah. pokonya harga segitu sudah unlimited deh. Student malah gratis naik MTD tinggal nunjukkin kartu mahasiswa aja.

Walaupun ada MTD, saya perhatikan seluruh family dan resident disini punya mobil. Sepertinya tinggal kami saja yang belum punya hehe. Cuma kami kayaknya yang ogah ogahan nyari mobil di craiglist. Bagi kami, so far MTD cukup reliable. Di jakarta pun kami sudah terbiasa naik transportasi umum. Apalagi bagi saya, karena bus kosong dan nyaman di jakarta itu sangat langka, jadinya saya senang banget kemana mana naik MTD yang nyaman dan tepat waktu.

Tapi penderitaan gak punya mobil beberapa kali mengalami sih. misalnya pernah dr meijer urbana jalan kaki ke apartemen sejauh kira-kira 3 KM waktu summer kemarin. waktu itu kita belum instal aplikasi MTD stop karena nomor ponsel aja belum punya, internet cuma ngandelin wifi di rumah, ternyata bis 50 E green saat summer break jadwal paling malam ke urbana adalah jam 6 sore saja. Waktu keluar dari Meijer jam 7 malam. Nungguin di shulter kok gak datang-datang, ahirnya sukses jalan kaki deh. Untung belanjaan di titip bu RT yang kebetulan ketemu di Meijer.

Lalu pernah juga, mau ngejar one week boutique (bazar loak) di area champaign. Dari rumah kita harus naik bis 2 kali dan itu jauh sekali. Temen saya bawa mobil dr apartemen menuju sana cuma 30 menit, sedangkan kami butuh 2 jam untuk sampai sana dengan dua kali pindah bis. dan di county fair itu shulternya amit-amit jorok sekali banyak lalat. berasa di stasiun kereta di indonesia.

Dan pastinya banyak penderitaan lain, seperti beli beras jadinya yang ukuran kecil (2.5 kg) per kantong dan mahal karena belinya di meijer biar deket dr rumah. Padahal kalau beli di walmart urbana jasmine rice murah sekali terutama kalau beli yang besar (22 kg). tapi walmart jauh dari rumah dan bagaiman acaranya bawa belanjaan beras 22 kg naik bis?

tapi semua itu so far bisa di atasi.

kalau bukan karena faktor cuaca (kabarnya winter disini ekstrim) kami males deh beli mobil. Klo winter duah gak mungkin katanya jalan kaki walo cuma jarak dekat.
anyway, saat ini kita masih mencari sih mobil yang cocok.

Btw, saya mau cerita lagi istimewanya tinggal disini.

– Lending Room

di OD juga ada lending room, yaitu tempat buat pinjem berbagai macam kebutuhan keluarga. piring, gelas sendok, panci, vacum cleaner, TV, high chair, pokoknya semuaaaaa peralat rumah tangga ada. bisa kita pinjam selama kita tinggal di OD ini. Semuanya biosa dipinjam secara cuma-cuma. Barang-barang di LEnding Room d dapat dr hibahan student yang udah balik ke negaranya masing-masing, dan dari sumbangan lainnya. Pas awal datang untungnya saya belum beli macem-macem, dan apartemen saya ini dekat banget ke lending room. Jadi cuma ngintip dari pintu ketauan buka atau engga lending roomnya.

Saat kita nyampe sini kan masih summer break, masih belum banyak yang datang, jadi masih banyak banget barangnya di lending room.Saya dapat TV, alat masak, alat makan, baby chair, dll baru baru ini saya dapat vacum cleaner. untungnya saya belum beli. lumayan kan kalau belanja sendiri udah habis berapa ituh.

– Bus Trip
OD housing juga sering ngadain bus trip ke berbagai kota terdekat. biasanya sebulan sekali. sepetember lalu ada bus trip ke tuscola, lalu oktober (sabtu kemarin) ada bus trip ke chicago, dan bulan depan rencanya ke saint louis-Missouri, dengan biaya yang murah.

– ODPS

housing juga punya pre-school yang jaraknya dekat dr setiap unit di OD. ODPS dekat dari apartemen kami cuma jalan kaki 5 menit ke belakang apartemen. Anne juga sekolah disini

– community center

berbagai acara kebudayaan atau apapun suka diselenggarakan disini, bahwa kita bisa pinjem ruangannya untuk rayain event tertentu misal ulang tahun anak, 17 agustusan, lomba masak dan lainnya.

-pinjamin lahan
bagi student yg bawa keluarga, bapak, ibu, nenek, kakek, tidak perlu hawatir jadi pengangguran disini. karena mereka bisa bertani disini. universitas minjemin lahan di sekitaran OD untuk diolah makanya gak heran saya masih bisa makan kemangi, kangkung hehe. rata-rata yang bertani disini warga tionghoa. student tionghoa banyak banget yang ngajak ibu bapaknya yang usha tua datang kesini. Hasil tani mereka jual seharga $1 untuk sejumput atau seikat sayuran. yang lucu klo beli di one dolar ini jangan ngarep bisa tanya ini itu mengenai sayurannya karena bisa dipastikan mereka tidak mengerti. mereka hanya bisa ngomong one dolar lalu kita tunjuk deh sayuran mana yang mau kita beli haha..

– full facilities

di OD family and graduate housing ini juga banyak banget fasilitas, seperti laundry, r komputer, multicultural health center, playground, sampai sewing room aja ada. dan yg paling indah dari semunya

– beautiful view
yang paling indah diantara semuanya komplek ini dikelilingi oleh hamparan rumput nan hijau (kalau lagi summer) yang terawat. kalau pagi suka asik ngeiatin om om bule yang bawa traktor pemotong rumput lagi ngurus halaman rumput

ini apartemen kita 2035 A

ini apartemen kita 2035 A

sekolahan Anne (ODPS)

sekolahan Anne (ODPS)

playground ada di setiap blok

playground ada di setiap blok

985ef-original

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: