Susahnya Bikin SIM

Disini kalau bukan stundent atau visa kita selain F1 (F2, J dll), bikin SIM susah susah gampang.

klo stundent, apply bikin SIM ini cuma sehari. misal pagi apply, langsung hari itu juga di test tertulis dan praktek. kalau lulus, dikasih surat keterangan lulus sementara yang mungkin udah bisa digunakan, sebelum kartunya dikirim. Kartunya sendiri gak bisa didapatin hari itu karena prosedurnya sekarang harus dikirim via surat ke alamat masing-masing yang konon katanya nyampe di tangan dalam dua minggu. Malah dulu, kata orang, kartunya pun keluar hari itu juga.

Tapi buat selain student, atau dependant dengan visa selain F1, prosenya agak ribet dan lama.

Pertama kita datang ke DMV yang ditunjuk, hari itu cuma verifikasi dokumen aja. selanjutnya kita disuruh nunggu panggilantest lewat sura. Data-data kita harus dikirim ke Secretary of Springfield (ibukota Illinois) dulu, baru dari springfield dikirim surat buat test. dan kalau lulus, nunggu lama lagi untuk pengiriman kartunya.

Pengalaman teman-teman yang non F1, memang banyak yang mengeluh. kasusnya macam-macam. ada yang suratnya gak datang2 karena DMV nyatet alamatnya salah, ada juga yang ketahan di springfieldnya.

Kalau kasus saya, saya apply dari januari 15. sampai sekarang belum ada surat panggilan buat test. udah hampir 2 bulan, akhirnya saya coba telp ke DMV, yang seperti sudah jawaban standar, saya disuruh nunggu atau telp ke springfield, karena katanya mereka sudah menyerahkan dokumenya ke springfield. mereka bahkan tidak repot2 tanya data2 saya terlebih dahulu untuk memastikan apakah data2 saya betul sudah dikirim apa belum.

Sangat mengejutkan, ketika saya telp ke Springfield dua kali, Springfield bilang mereka tidak memiliki data dan dokumen saya sama sekali. Selama ini saya nebaknya lama di Springfield seperti pengalaman teman-teman. Deu nyangkut dimana tuh dokumen? padahal tadinya ngejar jadi SIM nya summer buat gantian nyetir ama suami pas road trip.

Leave a Reply

