Free Libarary

Salah satu kemewahan tinggal disini buat saya dan mungkin Anne adalah adanya free library yang lengkap banget koleksi buku, CD, dan DVD nya. Ada dua lokasi di Urbana dan Champaign. Saya belum pernah ke Champaign free library sih, karena rumah lebih dekatnya ke Urbana Free Library.

untuk bisa bikin kartu anggota, modalnya cuma paspor, dan surat keterangan tempat tinggal. kartu langsung jadi hari itu juga dan cuss udah bisa check out buku unlimited. well, maksud saya unlimited ini buku yang bisa dipinjem boleh banyak sekaligus. klo CD dan DVD lebih terbatas klo gak salah 20 untuk DVD dan 40 untuk CD musik. dan semua itu gratis. kecuali klo telat balikin baru ada denda, itu pun dendanya relatif muran, untuk buku hitungan cent per hari dan DVD agak mahal, setengah dolar perhari. makanya klo pinjem dvd, walopun saya agak berantakan orangnya, tapi DVD ini saya jaga banget. kantong bocor bo klo sampe nyelip dimana dan telat balikin hiihi.

Buat Anne yang gila baca buku, dia girang bukan kepalang klo saya ajak ke library. bukunya bagus2. Biasanya klo ke library, dia pinjam diatas 10 buku. hmm emaknya paling tarik nafas aja membayangkan itu buku semuanya wajib dibaca sebelum tidur, dan sunnah nya kapan aja sesuai rekues si tuan puteri mau dibacain. bisa siang setelah pulang sekolah, sore, magrib.

waktu anne susah makan, well, sebenarnya bukan susah tapi makannya lama, bapaknya menghukum dengan tidak boleh pinjam buku dulu sampe anne makannya cepet. well, saya sih tidak setuju dengan hukuman itu. Gee, anugerah banget gak sih punya anak yang gila baca buku? kenapa harus menghukumnya dengan tidak boleh meminjam buku lagi? saya akhirnya negosiasi dengan bapaknya. hukumannya diganti dengan anne gak boleh main mainan barbie, teapot sampe dia mau makan cepet. atau gak boleh beli mainan dulu kalau ke supermarket. Bapaknya setuju.

well, balik lagi ke free library, seperti yang saya jelasin bahwa library di negara maju luar biasa lengkapnya. saya ngebayangin kalau pergi ke library di indinesia, tidak jauh2 ke library kantor aja rasanya membosankan.

Saya baru tau sistem pinjam buku disini pake check in (untuk buku yang dibalikin) dan check out (untuk buku yang dipinjam). dan caranya mudah sekali, kalau udah punya kartu, nanti di kartunya ada barcodenya, jadi sewaktu check out, items yang dipinjam tinggal di scan aja di mesin, kelur deh print buku apa aja yang dipinjam.

mudah sekali dan tidak perlu ngantri di front desk. nanti balikinnya pun, kita cukup taruh di kotak yang disediakan di depan gedung. Jangan khawatir keselip, karena petugas sangat reliable dan ada CCTV. klo ada masalah tinggal cek aja bener gak kita udah balikin.

Kalau udah punya kartu, nanti otomatis kita juga punya akun di website nya libabry urbanafreelibrary.org
kita bisa perpanjang, atau sekedar cek items yang dipinjam. petugasnya pun sangat cekatan, sewaktu saya lupa kebalikan CD yang ada dibuku anak2, langsung petugasnya telepon. dan kalau ada item yang udah lewat waktunya, selain ada reminder di email, juga ada reminder by telepon. Rapih banget bukan cara kerjanya?

Baca2 buku di dalam library nya pun gak membosankan, ada tempat duduk yang nyaman pastinya, dan ruangan tertutup apabila orang mau belajar serius atau diskusi.

untuk area anak2, selain rak rak buku juga ada mainan2 seperti di mini playground. dari kecil anak-anak sudah di latih untuk seneng main ke libarry. See? itulah mengapa penduduk di negara maju pinter2 karena setiap orang mudah dan gratis mengakses pendidikan.
IMG_0939

IMG_0932

Leave a Reply

