Pengalaman Ramadhan di Perantauan

Ramadhan tahun ini, memberi warna yang berbeda bagi keluarga kami. kami menjalaninya di perantauan, di negara yang penduduk muslimnya sangat minoritas. United States. Menjalani puasa marathon saat musim panas selama 17 jam, awalnya tidak pernah kami bayangkan. selama ini bertahun-tahun berpuasa di indonesia paling hanya 14 jam. Namun setelah dijalani, ajaib lho, justru puasa tahun ini (terutama menurut saya pribadi) sangat-sangat banyak diberi kemudahan. Sebulan penuh kami lewati dengan penuh suka cita. cuaca juga sangat mendukung, walapun musim panas, namun saat itu sering sekali hujan atau mendung, jadi gak terlalu bikin haus. Siangnya, ibu-ibu tadarusan bareng-bareng di Orchard Down, tuan rumahnya gantian. Setiap hari kami juga berbuka bersama (iftar) di mesjid (CIMIC/Central Illinois Mosque and Islamic Center), kemudian lanjut dengan shalat maghrib, isya dan tarawih berjamaah. kami baru pulang dari mesjid sekitar jam 11.30 malam. anak-anak saya pun happy walaupun pulang selarut itu. di mesjid, banyak teman-temannya sesama kanak-kanak . mereka berasal dari berbagai negara.

Satu hal yang paling saya sukai, selagi kami para orang tua ibadah, anak-anak dijagain oleh remaja-remaja mesjid yang bertugas baby sitting. kami bisa menjalani ibadah dengan tenang. Sewaktu kami kerja di Indonesia, jarang sekali kami ada waktu untuk salat tarawih berjamaah dimesjid. bahkan kadang-kadang berbuka puasa di jalanan atau di kedaraan, karena jalanan yang macet atau kerjaan banyak sehingga pulang telat. menjalani puasa di sini, memberi kenikmatan beribadah yang maksimal.

setiap hari CIMIC menyediakan penganan berbuka puasa lengkap (ta’jil, menu utama dan dessert) sebulan penuh sepanjang ramadhan. gratis untuk siapa saja yang iftar di mesjid. seringkali karena hidangannya banyak dan bersisa kami juga boleh bungkus makanan itu untuk dibawa pulang. saya bahagia karena sahur gak perlu masak hohoho. asik kan? Alhamdulilah.

Lalu darimana mesjid mendapat biaya untuk menyediakan menu sebanyak itu? dana dan penganan berbuka pusa berasal dari donatur berbagai komunitas dan negara. beberapa hari sebelum bulan puasa dimulai, manajemen CIMIC sudah membagikan selebaran jadwal iftar selama bulan ramadhan plus menu setiap hari. menu hari itu biasanya menyesuaikan dengan asal donaturnya. misal menu hari pertama makanan mesir, bisa dipastikan donaturnya komunitas muslim mesir di IL. selain mesir, ada juga arab saudi, palestina, turki, dan timur tegah lainnya, dan komunitas-komunitas lokal seperti pejabat-pejabat di UIUC. konon katanya dana perhari untuk menyediakan menu iftar itu sekitar $1700. menu selalu ada nasi, which is sangat memuaskan perut orang indonesia seperti kami yang punya slogan “belum kenyang kalau belum makan nasi”.

Buat ibu-ibu seperti saya, itu rezeki berlimpah sekali, selain menghemat uang belanja juga menghemat tenaga, tidak terlalu sering masak di rumah. bulan puasa bisa lebih banyak waktunya untuk beribadah. Secara keuangan juga sangat sehat lol.

Sebelum bulan puasa, kami road trip ke west cost yang menghabiskan uang yang banyak. sewaktu pulang dari trip sempet deg deg ser juga cukup gak nih uang belanja. alhamdulilah lebih dari cukup, karena hampir sebulan kami tidak keluar uang belanjaAlhamdulilah. “.. maka nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan”.

Sepanjang iftar dan beribadah di mesjid, kami banyak mendapat kenalan dan keluarga baru dari berbagai negara. Saking senangnya ke mesjid, sekarang walapun ramadhan telah berakhir, anak saya yang besar selalu minta ikut bapaknya ke mesjid kalau bapaknya mau solat. Sebenarnya diluar bulan ramadhan, CIMIC menyediakan sekolah minggu untuk anak-anak. namun sayangnya sekolah hanya boleh diikuti untuk anak 5 th keatas. Anak saya belum cukup umur. Padahal bagus banget kalau Anne bisa sekolah disitu, dia bisa belajar mengaji, solat dll.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: