Goodwill Hunting

ini bukan tentang filmnya Matt Damon ya. hehe Goodwill hunting yang akan saya share ini berburu barang bekas di toko barang bekas yang populer di US, Goodwill. hampir semua states di US pasti ada Goodwill, dari kota besar sampai kota kecil.

Barang di Goodwill hasil donasi penduduk sekitar kemudian dijual dengan harga yang sangat murah. Kalau beruntung kita bisa dapat barang bagus, dan gak sedikit bisa nemu barang yang masih baru dan sepertinys belum pernah dipakai. kita bisa lihat dari kualitas barangnya, apakah masih ada tag yang belum di lepas atau barangnya keliatan masih perfect layaknya barang baru.

Saya juga taunya Goodwill menarik akhir akhir ini. Setelah 1.5 tahun saya menetap dan 3 bulan menuju kepulangan ke Indonesia, hiks. nyesel gak sih? kemanaja selama ini? hahaha.

Thank’s to Instagram yang ngasih informasi superlengkap. sudah setahun ni saya memang lagi seneng-senengna berseluncur di Instagram dibanding medsos lainnya. dengan sistem hastag ini kita bisa lihat semuanya. nah, saya baru tau kalau orang Amrik ini banyak yang kerja sampingannya jualan barang hasil berburu di thrift store termasuk Goodwill ini. mereka rutin window shopping ke thrift store dan menjualnya kembali di ebay atau di IG dengan harga berkali kali lipat. Ada yang sampai omsetnya ribuan dolar dari sini. padahal ini kerjaan sambilan lho. so fascinating bukan? Seandainya saya masih lama disini, saya juga pasti jualan ini haha.

Awal-awal saya nyampe kota kecil ini, sekitar pertengahan 2014, saya diajak ke goodwill sama mbak Riyan, orang Indonesia yang sudah menetap puluhan tahun di sini. Waktu kesitu pertama kali, saya hanya beli satu juumpsuit parasut buat anne main salju. saya gak tertarik keliling, biasa orang Indonesia (Saya pribadi maksudnya). merasa sombong dan underestimate dengan toko loak.

Nah 1,5 tahun kemudian baru sadar deh, kalau disini bisa juga nemu “gemstone” atau permata yang tertimbun lumpur. Karena barangnya banyak banget, kita harus buka itu tumpukan dan gantungan satu persatu.

Waktu Valentine’s day minggu lalu, Goodwill ngasih sale 50 persen off semua barang. Coba banyangkan sudah murah meriah di potong pulak setengah harga. saya nemu tweed jacket Banana Republic, very good condition seharga kurang dari $5. kece banget dipake ke kantor nanti.

Lalu kemarin saya datang lagi, udah gak ada potongan 50 persen tapi masih oke harganya. saya nemu, flat shoes, masih bersih dan kayaknya masih baru, gak ada bekas debu atau tanah, dan super nyaman dipakai. Lalu, saya juga nemu sewater buat mama saya, masih baru juga, tas suede slempang An Taylor, coin purse, dan kursi kecil buat anak-anak. per item nya gak lebih dari $4.

Duh nyesel saya, kenapa dulu-dulu gak sering kesitu ya. Makana bagi yang ada kesempatan ke US, jangan malu buat mampir ke thrift store, bule-bule aja banyak kok yang kesitu.

Pasokan barang di goodwill ini sepertinya bergantung juga dengan konsisi ekonomi warga setempatnya, saya lihat di IG, ada seorang Thrifthunter bisa nemu Louis Vuitton, konon katanya sih authentic. ada juga yang nemu high end brand lainnya, ferragamo, chanel (duuh ada gitu ya yang buang tas chanel). Kate spade, Michael kors mah udah biasa dia. setelah di ceki ceki dia tinggalna di sekitaran Orange County California (gak heran, banyak orang kaya disana). Dan di Cali itu kan banyak selebritis, mungkin keluarga Kardashian yang donate ya? heheh.

Leave a Reply

