Pengalaman Menjadi eBay Seller

Saya pertama kali buka akun eBay, sekitar awal tahun lalu, sewaktu saya nyari handbag coach yang udah sold out di websitenya Coach. lalu sejak itu saya sering iseng cuci mata di eBay.

Trus sekitar pertengahan tahun lalu, saya ikutan menjadi seller. Trigger awalnya krena saya masih pengen belanja tapi duit udah habis, mau minta sama suami, gak enak. sementara barang-barang yang selama ini sudah di beli, masih numpuk di rumah dan lama-lama, belum juga dipakai udah bosan.

Akhirnya saya buka lapak deh di eBay.Ternyata, alhamdulilah barang saya laku, ada saja yang beli. Apalagi karena pengen cepat laku, saya kasih harganya gak tinggi-tinggi, asal modal balik aja. dan alhamdulialh saya udah jual bayak di eBay sekarang dan duitnya udah jadi barang lain lagi hahaha (dasar perempuan). Ternyata virus shopping Addict atau Handdbag Addict itu benar adanya hihi. Asal jangan sampai keterusan aja. dan asal jangan sampai jadi bankcorrupt gara-gara belanja terus2an. Makanya saya kalau mau sestau, saya jual barang yang lain.

Apalagi di US ini kan hampir setiap bulan ada aja event sale. dari mulai yang besar-besaran sampai yang gak terlalu besar, semua brand berlomba ngasih sale. apalagi setiap pergantian musim. dari spring/summer ke fall/winter, atau sebaliknya. nah siap-siap deh tuh, tahan godaan hehe.

Balik lagi ke eBay, kalau gak mau rugi jualan disini, paling engga kita harus naikin minimal 20 persen dari mdoal awal (harga barang + tax + biaya shipping kalau ada). karena saat kita menjual, ada tiga potongan yang akan di debet langsung dari rekening kita.

1. biaya shipping ke buyer.
biasanya saya kalau jual barang baru dan potensial laku, saya selalu kasih biaya shipping dibayar oleh buyer. di sistemnya eBay sudah ada berapa biaya shipping yang harus dibayar tergantung dari lokasi buyer (jauh atau dekatnya) dan volume dan berat paketnya.

eBay kerjasamanya sama USPS (US Postal Servise) kantor post nya US, untuk shipping service nya. kalau barangnya lebih dari 2 pound, masuknya kilat (priority mail 2 days,) kalau kurang dari segitu beratnya masuk ke first class mail (4-5 business days).

Makanya sebagai seller, kalau kita ngasih free shipping di list barang yang kita jual, pastikan banget deh itu, harga jualnya udah oke dan itungan berat paketnya udah akurat. jangan sampai kita nombok di uang shipping (karena yang bayar kita pribadi sebagai penjual).

saya ngasih free shipping di list barang yang saya jual biasanya barang yang kira-kira agak susah dijual karena cacat/defect, atau barang yang pasaran, banyak seller lain yang jual juga. jadi buat si buyer tertarik saya kasih free shipping. sering saya bocor di biaya shipping karena hitungnan berat dan ukuran paket gak akurat. yang seharusnya bisa pake first class, syaa kena charge priority maiol 2 day. beda harganya lumayan soalnya. paling subsidi silang, saya bikin profit dibarang ain tapi rugi di barang yang lainnya.

2. Potongan kedua adalah potong eBay langsung ketika si buyer bayar ke rekening Paypal kita.

sewaktu buyer beli barang kita dan sudah dibayar, uangnya akan masuk ke rekening paypay seller tapi masih di tahan oleh paypal, masih pending istilahnya. disitu langsung dipotong oleh biaya eBay yang besaranya tergantung dengan semakin banyak barang yang terjual. potongan untuk barang yang pertama terjual dan yang kesekian kalinya akan berbeda. semakin banyak jual, semakin banyak potongan, semacam pajak progresif gitu.

ketika barang sudah di kirim dan sudah sampai di alamat si buyer baru uang di paypal yang tadinya pending jadi akan available.

3. Potongan bulanan eBay.
Selain eBay narik potongan langsung terhadap barang yang sudah terjual, juga eBay akan mengenakan potongan bulanan setiap akhir bulan untuk seluruh barang yang terjual bulan tersebut. sekitar 10 persen total.

Baru deh sisa tiga potongan itu adalah nett si penjual. Makanya masuk akal kenapa di eBay barang-barang akan menjadi lebih mahal. selain ada juga profit seller yang memang dia kerjaannya jualan dan mencari profit tetapi ada juga seller yang jual barang cuma buat balik modal atau mau ngurangin koleksinya. yang tipe kedua ini paling tidak harus naikian 20 persen dulu bali bisa balik modal.

lalu kenapa masih ada yang beranggapan barang di eBay lebih murah, ya tidak salah juga. banyak juga yang seperti ini. saya dapat handbag di eBay lebih murah darimana pun karena itu barang eks display toko di dunia antah berantah. Tapi kondisinya masih baru? who cares dengan barang display.

kalau saya sebelum belanja di eBay biasaya survei dulu harga aslina berapa, dijual di website asalnya atau di toko berapa, atau di website depatemen store berapa. jadi kita gak beli barang yang terlewat mahal di eBay. seperti awal saya disini saya beli coach itu karena kehabisan di webiste coach saya cari di eBay nemu langsung saya bayar, belakangan saya tahu, kalau harganya mahal banget. sekarang saya mau jual lagi agak susah karena harganya terlalu mahal. dan hey disini itu selalu banyak sale, kalaupun gak dapet satu barang sabar aja, masih banyak barang lainnya dengan model yang lebih bagus akan di sale di kemudian hari. jadi jangan terlalu fanatik sama barang tertentu.

di eBay itu banyak sellernya, dan mereka para pencari kupon atau diskon, mungkin aja si seller pintar cari peluang dapat harga bottom suatu barang lalu di jual lagi dengan harga dibawah pasaran namun dia tetap ngambil profit. kadang ruang gerak kita sebagai buyer juga terbatas kan, gak mungkin bisa keliling seluruh toko buat nyari barang paling murah.

di eBay ada dua tipe penual.
1. tipe profit atau proffesional seller
yang kerjanya emang jualan barang disini. gak mungkin kan dia kalau gak ngambil untung.

2. tipe penjual barang pribadi buat downsize koleksi.
seperti yang saya share di postingan pertama entang Goodwill, ada berbagai cara orang buat ngosonging closetnya, di donasiin, atau dijual di eBay atau IG. di eBay ini potensi terjualnya besar karena usernya banyak banget, international.
saya termasuk seller yang tipe kedua ini, asal modal balik udah lumayan, sukur2 bisa profit sedikit, yang penting barang cepet laku. atau gak apa-apa deh rugi sedikit, yang penting barang itu terjual daripada saya gak akan pernah pakai lagi. toh saya bikin profit dibarang lainna juga.

untuk tahu, tipe si seller, biasanya bisa diidentfiksi dari seller’s other itemnya, apakah barangnya banyak dan baru-baru dengan harga yang mahal, ataukan yang barangnya sedikit dan kebanyakan preowned, nah yang seperti ini yang biasanya jual untuk tujuan cleaning closet. atau di deskripsi barang yang dijualnya biasanya suka ada kata-kata, misalnya jarang pakai, cleaning closet, downsize collections dll.
dan kalau di harganya ada tulisan or best offer jangan sungkan buat bikin offer atau penawaran, siapa tau di approve atau di counter dengan harga yang tidak jauh dari budget kita.

Anyway, yang bikin aman transaksi di eBay, seller gak akan terima uangnya (akan pending sementara waktu) sampai si buyer terima barangnya, dan si buyer gak ada dikirim barangnya sampai dia bayar. dn jika ada fraud,eBay dan paypal akan guaranted uang kita.

di US sini kan agak susah trasnfer uang antar bank seperti di Indonesai yang apa-apa tinggal transfer, di US ini sistem pembayarannya masih kurang maju, orang disini masih pakai checque kertas kok hihihi. makanya ada jasa sistem pembayaran seperti paypal ini.

saya mau cerita tentang suatu kasus fraud disini. gak ada hubungannya sama eBay sih, waktu itu disini ada yang jualan barang di IG. ternyata sellernya melakukan fraud dan ditahan ama polisi, crimical recordnya banyak dengan kasus mencuri dan penipuan. awalnya dia trusted seller di IG, menjual barang barang bagus dengan harga murah (ingat istilah too good to be true), tapi lama kelamaan semakin banyak yang sudah bayar namun barang gak dikirim. kalau jualnya di IG kan gak ada penengahnya, murni si penual dan si pembeli, uang langsung di kirim ke paypal ybs. jd kemungkinan fraudnya tinggi. si seller bisa saja nipu gak kirim barangnya atau si buyer yang gak bayar. lalu singkat cerita,banyak buyer yang kena tipu dan mereka gak mau rugi donk. ujung2nya minta claim ke paypal akhirnya semua kerugian buyer di ganti oleh paypal.

di IG juga banyak banget godaannya. hati-hati kalau mau belanja. saya juga pernah beli barang di IG beberapa kali, tapi saya sudah pastikan bahwa seller nya trusted dan udah lama dia jualan, dan alhamdulilah baik-baik saya. saya follow orang Amrik sini yang addict banget ama handbag terutama Kate spade, setiap ada yang baru pasti beli gak lama dia jual lagi. kalau sampai beberapa waktu engga laku, dia biasanya turunin harga pelan-pelan, nah saya buru deh yang desperate begitu heheh.

nah demikianlah pengalaman saya berjualan di negeri orang ini dan akhirnya saya mengerti sitem pembayaran di US ini. dan sangat bersyukur kita di indonesia sudah sangat maju sistem pembayarannya. mohon maaf, correct me if im wrong ya, ini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi tentunya ada kemungkinan hanya sedikit informsi yang saya dapat.

Leave a Reply

